Cara Investasi : 3 Jenis Pendapatan Hasil dari Investasi

Bagaimana cara investasi anda? Cara anda melakukan investasi uang atau tenaga akan menentukan jenis penghasilan yang berbeda. Setidaknya, cara yang anda lakukan ini bisa masuk ke dalam 3 jenis pendapatan hasil investasi. Anda bisa menjadi seorang yang kaya dari kegiatan investasi atau malah menjadi orang yang rata-rata akibat pilihan investasi anda.

Cara Investasi : 3 Jenis Pendapatan Hasil dari Investasi

Sebelum membahas panjang lebar, anda harus terlebih dahulu memahami sebuah kata investasi. Silahkan anda membaca artikel yang sudah pernah ditulis mengenai pengertian investasi. Tidak perlu susah, cukup mengklik judul: Pengertian Investasi: Jangka Pendek dan Panjang. Bila sudah membaca, dipastikan anda akan memahami penjelasan yang akan disampaikan di bawah.

Sebuah pertanyaan sederhana, “Bila uang tidak dicetak dengan kertas, apakah bisa berinvestasi ke emas atau lainnya?” Karena kita mengenal istilah inflasi alias kemrosotan nilai tukar uang. Karena ada inflasi maka akibatnya ada investasi sebagai pengaman uang kertas. Bila tidak ada inflasi, tentu bisa saja tidak ada istilah investasi untuk hal lain namun ada investasi untuk hal lain yang berbeda.

Tidak perlu dijawab panjang lebar, karena lebih baik membahas mengenai cara investasi dan akibat berinvestasi dalam menentukan perbedaan jenis penghasilan. Berikut adalah inspirasi pembahasan dari buku Guide To Investing dari Robert T Kiyosaki.

Jenis Pertama: Earned Income

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel terdahulu bahwa investasi bisa saja diartikan menanam modal atau uang yang memang secara umum sudah kita maklumi adanya. Investasi uang untuk emas disebut juga investasi emas, investasi uang untuk real estate (properti) disebut juga investasi properti dan lainnya. Inti dari investasi adalah adanya uang untuk kepentingan menghasilkan uang.

Namun apakah harus uang sebagai satu-satunya cara investasi? Tidak! Anda bisa memilih cara investasi dengan mengandalkan diri anda sendiri. Anda bisa menjadi pekerja profesional yang memang dibutuhkan perusahaan. Anda dan perusahaan sama-sama mendapat keuntungan. Bila anda mengalami kenaikan jabatan setelah jangka beberapa tahun berarti nilai diri anda mengalami peningkatan. Sejalan dengan naik jabatan, anda mendapat kenaikan gaji.

Cara investasi yang anda lakukan akan menghasilkan keuntungan berupa gaji. Cara ini tidak bisa membuat anda kaya, namun aman tapi tidak nyaman. Karena investasi yang anda lakukan bergantung anda dan kondisi perusahaan anda. Inilah Earned Income.

Jenis Kedua: Portofolio Income

Anda sedang bermain saham atau anda juga bermain dalam reksadana sebagai cara investasi anda? Bila memang anda melakukan investasi di salah satu atau kedua itu, berarti penghasilan anda masuk dalam golongan Portofoio Income. Cara investasi dengan model ini memang paling populer, karena memang mudah dalam melakukan dan merawatnya. Karena cukup menunggu waktu yang tepat untuk bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Walau untuk investasi saham, mungkin akan kerepotan menjalankannya bila memang belum menjadi ahli dalam hal ini.

Jenis Ketiga: Pasif Income

Anda sudah memiliki kontrakan rumah atau kos sebagai cara investasi anda? Bila sudah punya, penghasilan anda masuk dalam ketagori Pasif Income. Inilah investasi yang paling bisa membuat anda kaya raya dengan cara yang aman dan nyaman. Tidak hanya menunggu harga properti naik, anda pun bisa membuat penghasilan lain selain dari menjual properti yaitu dengan cara menyewakan properti anda pada orang yang membutuhkan. Walau demikian, cara investasi yang ini juga berkaitan dengan strategi bisnis. Kaya atau tidaknya bergantung bagaimana properti dan memarketingkan propertinya.

Baca juga: Beli Properti Sekarang Juga - Bila Tidak?

***

Penjelasan cara investasi dan jenis penghasilan dari hasil investasi di atas diharapkan bisa memperkaya pengetahuan anda sebelum melakukan investasi. Bila memang anda mau kaya, tidak cocok menjadi karyawan profesional sebagai cara anda berinvestasi. Namun bila memang mau aman dan sedikit cukup menyita waktu, silahkan menjadi karyawan. Bila ingin kaya dengan cara santai, silahkan menjadi investor properti.


0 Response to "Cara Investasi : 3 Jenis Pendapatan Hasil dari Investasi"

Post a Comment